Water world | Perkebunan kelapa sawit mengancam kualitas air

Water world | Perkebunan kelapa sawit mengancam kualitas air
oleh Rob Jordan / surat kabar Stanford
Stanford CA (SPX) 2 Juli 2014 


Jika Anda sudah berbelanja akhir-akhir ini, Anda mungkin tanpa menyadarinya telah memborong minyak kelapa sawit. Yang ditemukan dalam ribuan produk, dari mulai selai kacang yang dikemas dalam roti, dari sampo dan krim cukur, minyak sawit merupakan industri bernilai miliaran dolar. Meskipun tidak selalu jelas diberi label dalam staples supermarket, konsekuensi yang tidak diinginkan dari produksi bahan ini dan mana-mana telah dipublikasikan secara luas.
Pembukaan hutan tropis untuk menanam pohon kelapa sawit melepaskan sejumlah besar karbon dioksida, gas rumah kaca yang memicu perubahan iklim. Konversi ekosistem hutan yang beragam untuk  satu tanaman ini "monokultur" merendahkan atau menghancurkan habitat satwa liar. Perkebunan kelapa sawit juga telah dikaitkan dengan kondisi berbahaya dan kasar untuk buruh.
 

Water world | Perkebunan kelapa sawit mengancam kualitas air

Stanford peneliti sedang mempelajari efek pada kualitas air saat lahan dibuka untuk perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Barat, Kalimantan Indonesia. Gambar milik Kimberly Carlson.
Kualitas air secara signifikan terkikis sekarang bergabung dengan daftar risiko yang terkait dengan budidaya kelapa sawit, menurut penelitian baru co-ditulis oleh peneliti dari Stanford University dan University of Minnesota, yang memperingatkan ancaman terhadap air tawar sungai bahwa jutaan orang bergantung pada air minum , makanan dan mata pencaharian.

Studi baru dalam Journal of Geophysical Research: Biogeosciences berisi temuan mengejutkan tentang intensitas dan ketekunan dari dampak tersebut, bahkan di daerah penuh hutan dengan pohon-pohon kelapa sawit dewasa.
Pembukaan lahan, manajemen perkebunan (termasuk pupuk dan aplikasi pestisida) dan pengolahan buah kelapa sawit untuk membuat minyak sawit mentah semua dapat mengirim sedimen, nutrisi dan zat berbahaya lainnya ke sungai yang menelusuri melalui perkebunan. Penghapusan vegetasi di sepanjang aliran sungai menghancurkan kehidupan tanaman yang organismenya tergantung untuk bertahan hidup.
"Meskipun kami sebelumnya didokumentasikan emisi karbon dari konversi lahan menjadi perkebunan kelapa sawit, kami terkejut oleh bagaimana perkebunan kelapa sawit ini sangat mengubah ekosistem air tawar selama beberapa dekade," kata rekan penulis studi dan tim pemimpin Lisa M. Curran, seorang profesor antropologi ekologi di Stanford dan rekan senior di Stanford Woods Institute for the Environment.
Episentrum kelapa sawit
Indonesia memproduksi hampir setengah dari minyak sawit dunia. Rumah bagi hutan tropis terbesar ketiga di dunia, negara ini juga merupakan salah satu penghasil emisi gas rumah kaca, karena konversi yang cepat dari hutan dan lahan gambut yang kaya karbon ke penggunaan lain.
Dari tahun 2000 sampai tahun 2013, tanah Indonesia yang digunakan untuk budidaya kelapa sawit lebih dari tiga kali lipat. Sekitar 35 persen dataran rendah terlindungi di Borneo- Indonesia dapat dibuka untuk kelapa sawit di tahun-tahun mendatang, menurut penelitian sebelumnya oleh Curran dan penulis utama studi tersebut, Kimberly Carlson, seorang mantan mahasiswa pascasarjana Stanford yang sekarang menjadi sarjana postdoctoral di University of Minnesota Institute di Lingkungan.
Curran, Carlson dan rekan mereka terfokus pada sungai kecil yang mengalir melalui perkebunan kelapa sawit, pertanian rakyat dan hutan di dalam dan sekitar Taman Nasional Gunung Palung, Curran daerah hutan lindung yang berperan penting dalam membangun pada tahun 1990.
Mereka menemukan bahwa suhu air di sungai pengeringan baru dibersihkan perkebunan hampir 4 derajat Celcius (lebih dari 7 derajat Fahrenheit) hangat daripada hutan sungai. Konsentrasi sedimen yang sampai 550 kali lebih besar. Mereka juga mencatat lonjakan metabolisme aliran - tingkat di mana sungai mengkonsumsi oksigen dan merupakan ukuran penting kesehatan aliran ini - selama musim kemarau.
kemungkinan solusi
Dampak dari perubahan penggunaan lahan ini pada perikanan, wilayah pesisir dan terumbu karang – yang paling berpotensi disepanjang hilir - masih belum jelas karena penelitian ini adalah salah satu yang pertama untuk memeriksa efek kelapa sawit pada ekosistem air tawar.

"Komunitas lokal sangat prihatin terhadap sumber air tawar mereka. Namun dampak jangka panjang dari perkebunan kelapa sawit di sungai air tawar telah sepenuhnya diabaikan sampai sekarang," kata Curran. "Kami berharap penelitian ini akan menyoroti isu-isu ini dan membawa suara keprihatinan masyarakat pedesaan yang secara langsung mempengaruhi kehidupan mereka."
Solusi manajemen potensial, menurut Carlson dan Curran, termasuk mempertahankan tutupan vegetasi alami di samping sungai dan merancang perkebunan kelapa sawit sehingga jaringan jalan yang padat tidak bersinggungan langsung dengan saluran air. Jenis-jenis praktek ditingkatkan sedang dirintis oleh Roundtable on Sustainable Palm Oil dan organisasi lainnya yang menyatakan produksi minyak kelapa sawit yang berkelanjutan.
Namun, Carlson mengatakan, " Menurut penemuan kami bahwa menebang hutan dan beragam perkebunan kecil milik petani untuk diubah menjadi lahan kelapa sawit sangat tidak baik dan akan merusak ekosistem tersebut contohnya tercemarnya hutan yang sejuk." Sangat sedikit perlindungan bagi ekosistem hutan yang berdampak  seperti itu ada.
Menurut Curran, konversi lahan yang luas untuk perkebunan kelapa sawit dapat menyebabkan "bencana" menggabungkan antara efek lingkungan dengan orang-orang dari kekeringan El Nino. (Salah satu diperkirakan musim gugur ini.) "Hal ini dapat menyebabkan runtuhnya ekosistem air tawar dan kesulitan sosial dan ekonomi yang signifikan di suatu daerah," kata Curran.

Curran dan studi Carlson budidaya kelapa sawit di Indonesia telah didanai dengan dukungan dari program NASA Land-Cover/Land-Use Perubahan dan John D. dan Catherine T. MacArthur Foundation.

0 Response to " Water world | Perkebunan kelapa sawit mengancam kualitas air "

Post a Comment